Kemasan Plastik Jenis Ramah Lingkungan Produksi PT Tirta Marta - Oxium dan EcoPlas

Sedikit intermezzo dari bisnis online dan menulis artikel. Tulisan ini merupakan catatan perjalanan penulis ketika menempuh pendidikan di Institut Pertanian Bogor pada Sekolah Pascarsarjana Magister Teknologi Industri Pertanian.

Hari ini tanggal 24 November 2011 merupakan salah satu bersejarah dalam hidup saya. Alamdulillah hari ini saya bersama dengan rekan rekan dari program studi Teknologi Industri Pertanian Institut Pertanian Bogor telah melaksanakan kunjungan industri. Industri yang kami kunjungi adalah pabrik kemasan plastik. Pabrik plastik kemasan yang kami kunjungi adalah PT Tirta Marta yang beralamat di Cikupa Tangerang Banten.

Dari Kampus IPB Darmaga kami sudah siap-siap berangkat kunjungan ke industri kemasan plastik sejak jam 8 pagi. Namun karena adanya alasan lain, keberangkatan akhirnya diundur hingga jam 9. Kami berangkat setelah membeli persediaan di jalan dan cinderamata yang akan diserahkan ke produsen plastik kemasan yang akan kami kunjungi. Sekitar jam satu siang kami sampai di lokasi industri kemasan plastik. Suatu perjalanan yang terbilang normal.

Kami diterima dengan baik oleh Bapak Eman S selaku GM dan Ibu Maria (mohon maaf kalo ada kesalahan menulis nama n gelar ya bpk dan ibu). PT Tirta Marta telah melakukan bisnis jual plastik kemasan khususnya kemasan fleksibel (flexible packaging) sejak tahun 1971. Dalam sejarahnya PT Tirta Marta sebagai supplier plastik kemasan memulai bisnis dengan manual printing hingga tahun 1980, gravure printing (1980-1990), coextrusion (1990-2000) dan multilayer (2000 hingga sekarang).

Belakangan ini isu lingkungan semakin santer dan PT Tirta Marta sebagai produsen kemasan plastik juga turut berkontribusi dengan menjual plastik kemasan yang ramah lingkungan (environmentally friendly). Harga plastik kemasan konvensional dan harga kemasan plastik ramah lingkungan tidak berbeda jauh, kalaupun ada perbedaan berada dalam kisaran sepuluh persen. Perbedaan tersebut diakibatkan oleh harga bahan baku yang berbeda, sedangkan biaya untuk mesin kemasan plastik, desain kemasan, sablon atau cetak kemasan biayanya relatif sama.

Jenis jenis kemasan plastik ramah lingkungan yang telah umum dikenal adalah oxium dan ecoplas. Oxium merupakan jenis kemasan plastik yang terurainya (degradasinya) dipicu oleh bahan oksidatif seperti oksigen atau udara, sinar marahari atau ultraviolet, suhu dan pengaruh cuaca lainnya. Oxium rata rata dapat terdegradasi dalam jangka waktu kurang dari dua tahun. Bahkan ada yang mampu hancur dalam jangka waktu dua minggu. Laju degradasi kemasan plastik yang ramah lingkungan utamanya dipengaruhi oleh jumlah dan konsentrasi bahan yang mudah terurai ke dalam komposisi kemasan plastik. Ecoplas memiliki karakteristik degradasi yang dipicu oleh organisme baik mikro maupun makro. Usaha kemasan plastik ramah lingkungan masih sangat besar karena saat ini kemasan plastik yang ada dipasaran di dominasi oleh jenis kemasan plastik konvensional yang mencapai angka 99%. Perbedaan lain dari oxium dan ecoplas adalah penampilan fisiknya dimana kemasan plastik yang terbuat dari oxium terlihat lebih tipis, lebih elastis dan mechanical strength yang lebih baik daripada kemasan plastik dari ecoplas. Namun demikian, ecoplas dapat ditambahkan ke dalam komposisi kemasan tanpa melakukan adjusment peralatan pada saat produksi kemasan.


Sejak berdirinya, PT Tirta Marta telah mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Sertifikat ISO mengenai mutu dan lingkungan, Award dalam 103 produk inovatif, Most preferred partner dari Unilever dan berbagai macam award telah diraih produsen kemasan plastik tersebut. PT. Tirta Marta memiliki konsumen dalam dan luar negeri, bahkan kemasan feses dari anjing Paris Hilton juga diproduksi pabrik kemasan plastik tersebut. Sungguh prestasi perusahaan anak negeri yang membanggakan dan patut dibanggakan.

Dalam kaitannya dengan tiga pilar (lingkungan, sosial dan financial) yang dianut oleh PT Tirta Marta, perusahaan tersebut menggunakan sumber daya lokal yaitu singkong. Singkong dipilih dengan pertimbangan dari ketersediaan, karakteristik bahan yang lebih unggul daripada bahan lain, dan dari segi finansial feasible. Sagu yang pernah dicoba ternyata masih kalah dengan singkong. Supplier kemasan plastik tersebut membina petani singkong yang ada di daerah Bogor dan membeli singkong lebih mahal daripada harga pasaran. Semoga jejak PT Tirta Marta memproduksi kemasan plastik dapat diikuti oleh pihak lain. Sampai saat ini, produsen kemasan plastik tersebut telah memproduksi berbagai jenis kemasan diantaranya kemasan plastik makanan, plastik kemasan snack, kemasan kertas, kemasan tissue, dan aneka kemasan plastik produk lainnya. Kata kunci terkait: Harga Plastik Kemasan, Industri Kemasan Plastik, Pabrik Plastik Kemasan, Product Reviews, Supplier Plastik Kemasan,
Previous Post
Next Post
Related Posts