Kurikulum Pendidikan Pancasila

Pendidikan Pancasila adalah salah satu mata kuliah wajib dan bersifat dasar di program studi Teknologi Industri Pertanian UNIDA Gontor. Mata kuliah pendidikan pancasila diberikan pada mahasiswa di semester ganjil, yaitu semester 1 (reguler) dan berbobot 2 SKS (2-0).

Deskripsi Mata Kuliah Pendidikan Pancasila

Mata kuliah Pendidikan Pancasila merupakan mata kuliah dasar  dan wajib. Selesai mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu membangun paradigma baru dalam dirinya sendiri berdasar nilai-nilai Pancasila melalui kemampuan menjelaskan sejarah, kedudukan dan hakikat sila-sila Pancasila, merespon persoalan aktual bangsa dan negara, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan. Dalam perkuliahan ini dibahas Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia, Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai ideologi negara, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai sistem etika, dan Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah dan tanya-jawab yang dilengkapi dengan penggunaan LCD, video, dan pendekatan inkuiri yaitu penyelesaian tügas penyusunan dan penyajian makalah, review buku dan jumal, diskusi dan pemecahan masalah. Tahap penguasaan mahasiswa selain evaluasi melalui UTS dan UAS juga evaluasi terhadap tugas, penyajian dan diskusi. Buku sumber utama:(1) Kemendikbud. 2013. Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jakarta. (2) Kaelan. 2014. Pendidikan Pancasila. Paradigma:Yogyakarta.

Tujuan Pendidikan Pancasila

Berdasarkan modul mata kuliah Pendidikan Pancasila yang dikeluarkan oleh DIKTI, setidaknya ada 6 tujuan yang ingin dicapai dari pendidikan Pancasila, yaitu:

  1. Mampu menjelaskan dan memahami Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia
  2. Mampu menganalisis dan mengevaluasi Pancasila sebagai dasar negara
  3. Mampu menganalisis dan membandingkan Pancasila sebagai ideologi negara
  4. Mampu memahami dan menjelaskan Pancasila sebagai sistem filsafat
  5. Mampu memahami dan menjadikan pola hidup Pancasila sebagai sistem etika
  6. Mampu menganalisis dan menjadi pola hidup Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu

Materi Pendidikan Pancasila

Bahan kajian atau materi pendidikan Pancasila berdasarkan modul yang dirilis oleh DIKTI adalah sebagai berikut

Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia


  • Pancasila pada era pra kemerdekaan
  • Pancasila pada era kemerdekaan
  • Pancasila pada era orde lama
  • Pancasila pada era orde baru
  • Pancasila pada era reformasi 

Pancasila sebagai dasar negara


  • hubungan Pancasila dengan pembukaan UUD 1945,
  • penjabaran Pancasila dalam batang tubuh UUD 1945
  • implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan hankam

Pancasila sebagai ideologi negara


  • Pengertian ideologi,
  • Pancasila dan ideologi dunia
  • Pancasila dan agama

Pancasila sebagai sistem filsafat


  • pengertian filsafat
  • filsafat Pancasila, 
  • hakikat sila- sila Pancasila

Pancasila sebagai sistem etika


  • pengertian etika
  • etika Pancasila
  • Pancasila sebagai solusi problem bangsa, seperti korupsi, kerusakan lingkungan, dan dekadensi moral

Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu


  • Nilai ketuhanan sebagai dasar pengembangan ilmu 
  • Nilai kemanusiaan sebagai dasar pengembangan ilmu 
  • Nilai persatuan sebagai dasar pengembangan ilmu  
  • Nilai kerakyatan sebagai dasar pengembangan ilmu 
  • Nilai keadilan sebagai dasar pengembangan ilmu

Modul Pendidikan Pancasila

Download modul mata kuliah pendidikan Pancasila di sini

Saya juga sudah membuat dokumen rancangan pembelajaran yang isinya adalah sebaagai berikut:

Daftar isi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Pancasila

DESKRIPSI MATA KULIAH
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER/RPS

  • Identitas Mata Kuliah
  • Unsur Unsur RPS
  • Referensi

  • KONTRAK PERKULIAHAN ATAU COURSE OUTLINE (CO)

  • Identitas Mata Kuliah
  • Arti Penting Mata Kuliah
  • Kompetensi
  • Desain Konten (Peta Konsep)
  • Referensi
  • Alokasi Waktu Rencana (Time Line) Perkuliahan

  • Standar Penilaian (Evaluasi Pembelajaran)

  • Deskripsi Tugas-Tugas

  • Standar Proses (Strategi Pembelajaran)

  • Format dan Sistematika Makalah

  • Standar dan Kriteria Tugas Makalah dan Presentasi

  • Saran-Saran

  • SATUAN ACARA PERKULIAHAN (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
    Pertemuan ke:1-2
    Pertemuan ke:3
    Pertemuan ke:4
    Pertemuan ke:5
    Pertemuan ke:6
    Pertemuan ke:8
    Pertemuan ke:9
    Pertemuan ke:10
    Pertemuan ke:11
    Pertemuan ke:12
    Pertemuan ke:13-14

    Download file rancangan pembelajaran di sini

    Previous Post
    Next Post
    Related Posts