Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Booting Laptop Linux Mint 17

Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Booting Laptop Linux Mint 17 - Anda mencari tutorial Cara meningkatkan kecepatan loading laptop linux mint? Saya akan share pengalaman cara saya meningkatkan kecepatan booting laptop. Saya sendiri menggunakan laptop Compaq Presario B1200.

Linux menggunakan swap memory. Memory ini berguna jika diletakkan pada server, tetapi akan kurang berguna jika diterapkan pada desktop, laptop dan device yang digunakan oleh personal user dan bukan merupakan server. Lihat kutipan berikut:
By default, Ubuntu, unfortunately too much tendency to start using the swap (virtual memory on the hard disk). Useful for servers, but not for normal use.

This speaks Ubuntu, especially with 512 MB of RAM or less, the swap too quickly. Who writes on the hard drive slow Ubuntu considerably. Virtual memory on the hard disk is simply much slower than the "real" RAM. The swap tendency may have a value of 0 (fully off) to 100 (swap is constantly used).


Berdasarkan tutorial disini, saya mencoba menerapkan langkah-langkah (lihat gambar di atas) untuk meningkatkan kecepatan booting laptop yang saya miliki:

  1. Buka Terminal dan ketikkan cat /proc/sys/vm/swappiness. Enter. Mungkin anda akan menemui angka 60. Angka ini terlalu tinggi untuk komputer dengan pengunaan normal.
  2. Ketikkan gksudo gedit /etc/sysctl.conf. Enter. Anda akan diminta untuk memasukkan password. Perintah tersebut digunakan untuk membuka gile sysctl.conf dengan aplikasi gedit pada level super user sehingga password diperlukan. 
  3. Tambahkan kode berikut
#
# Reduce the swap tendency
vm.swappiness = 10
Simpan dan tutup aplikasi gedit. Kemudian reboot atau restart laptop anda.
Untuk mempercepat kecepatan transfer (copy paste) data pada hardisk anda tambahkan kode berikut di akhir baris
vfs_cache_pressure=50
Simpan file dan tutup aplikasi gedit. Restart laptop anda.

Semoga anda sukses menerapkan Cara meningkatkan kecepatan loading laptop linux mint di laptop anda
Previous Post
Next Post
Related Posts