Cara Sederhana Main Clickbank (Dari Pemula untuk Pemula) - Part 1

Cara Sederhana Main Clickbank (Dari Pemula untuk Pemula) - Part 1. Intinya, tutorial yang saya berikan di sini adalah basic. Dasar bermain Clickbank - Artikel Cara Sederhana Main Clickbank (Dari Pemula untuk Pemula) ini merupakan repost dari ads.id dengan sumber aslinya pada link ini.
Intinya, tutorial yang saya berikan di sini adalah basic. Dasar bermain Clickbank. Karena basic, saya pakai tool-tool gretongan. Nggak perlu keluar duit untuk bikin e-mail list, bikin landing page, dll. Cukup pakai tool gratisan yang sudah tersedia.

Karena saya masih pemula di dunia affiliate, khususnya Clickbank, saya nggak berani pamer SS earning, traffic, dan segala macemnya. Takutnya entar saya dikira bikin SS tipu-tipu, terus saya dipermasalahkan lagi.
Saya nggak menjanjikan dengan melakukan tutorial ini agan bakal dapet $1000/hari. Saya aja belum segitu. Masih jauh.
Tapi seenggaknya, dengan ngejalanin tutorial ini, agan bakal belajar dasar memilih produk, dan belajar mempromosikannya secara sederhana. Kalaupun nanti agan dapet $$$, anggaplah itu sebagai bonus. Tapi kalau enggak, ya nggak usah patah semangat. Namanya juga lagi belajar.

Biar fair, dalam tutorial kali ini saya bakal pilih produk dari Category yang belum pernah saya mainin. Saya juga bakal build blog baru buat promosiin produk itu. Nanti URL blog-nya bakal saya kasih tau sebagai bahan pembelajaran.

Sebelumnya, kalau saya bikin kesalahan, tolong saya dikoreksi. Saya cuma newbie biasa. Niat saya di sini cuma pengen berbagi sedikit ilmu yang saya tahu. Namanya baru sedikit tahu, pasti bikin banyak kesalahan sepanjang jalan kenangan. Jadi, mohon koreksinya ya mastah, suhu, dan sesepuh J Kita sama-sama belajar.

Eniwei, sekarang langsung aja…

1. Daftar Clickbank
Kalau sudah punya akun, silakan login.

2. Pilih Produk yang Akan Dipromosikan
Masuk ke Marketplace: https://NAMA-AKUN.accounts.clickbank.com/account/marketplace.htm

NAMA-AKUN itu harus diganti dengan username agan di Clickbank.

Perlu digarisbawahi, pemilihan produk inilah yang akan menentukan kesuksesan. Di sini kuncinya.
Kebanyakan orang yang baru terjun ke Clickbank memilih Gravity yang tinggi. Padahal justru di situ tingkat persaingannya gila-gilaan.

Untuk awal, pilih range Gravity antara 5 sampai 10. Ini untuk permulaan saja. Sebagai bentuk latihan kita. Kalau sudah paham sistem kerjanya, silakan pilih range yang lebih tinggi. Tapi kalau saya, range segini saja sebenarnya sudah cukup menghasilkan, walaupun receh. Hehe…

Hal lain lagi, kebanyakan pemula langsung masuk ke market health. Padahal di situ persaingannya gila-gilaan untuk semua niche-nya. Mulai dari weight loss, diabetes, pregnancy, dll dimainin sama pemain-pemain besar. Maaf, bukannya meremehkan, tapi di awal-awal, bakal sulit bagi agan untuk ngalahin mereka. Saran saya, pilihlah market selain health. Saya berani jamin, semua market ada pembelinya. Tinggal pinter-pinternya kita promo aja. Sama tergantung garis rejeki juga sih gan.
Jadi, sebagai contoh, saya pilih category Home & Garden. Jujur, saat ini bukan category atau market ini yang saya garap. Saya garap market lain. Bukan berarti pasar ini nggak menguntungkan. Enggak juga. Saya udah bilang, semua pasar itu ada pembelinya. Cuma selama ini emang belum kepikiran aja main di market ini.

Ya udahlah, sekarang kita udah masuk di category Home and Garden. Ada banyak produk yang bisa dipilih.

Sekarang tentukan Gravity antara 5 sampai 10.

Scroll down sampai ketemu Required Language(s). Pilih yang bahasa Inggris aja. Tapi silakan kalau agan mau bereksperimen untuk pasar dengan bahasa selain Inggris. Hint: kadang peluangnya jauh lebih gede lho. Tapi sekarang, pilih bahasa Inggris dulu. Maksudnya, biar bahasanya udah familiar dulu sama kita.

Udah, cuma itu aja filter yang perlu kita lakuin. Sebagai permulaan, opsi-opsi lain abaikan dulu. Entar juga paham sendiri sedikit demi sedikit. Yang penting, sekarang kita udah punya daftar produk yang tingkat persaingannya nggak gitu tinggi.

Perhatiin bagian yang saya kotakin, dan yang saya kasih panah merah.

Agan nggak usah pusing sama istilah-istilah yang belum familier. Entar juga paham sendiri. Sekarang, yang perlu agan perhatiin cuma yang saya kasih panah merah itu.

Pertama, pastikan popularity-nya diset High to Low. Kenapa? Sebaiknya kita jangan pilih yang gravitiy-nya terlalu kecil. Jadi, pilih yang popularity-nya tinggi.

Kedua, pastikan produk yang dipilih punya halaman khusus untuk affiliate. Gimana cara mengetahuinya? Lihat aja, ada Vendor Spotlight atau enggak.

Jangan pilih produk yang kayak gini:

Tapi karena saya masih pemula, jadi saya cari gampangnya aja. Saya cari yang ada Vendor Spotlight-nya.

Baiklah, pilihan saya jatuh pada produk ini:

Produk itu muncul di urutan pertama. Nanti kita riset bareng-bareng. Kita caritahu apakah produk ini worthed untuk digarap apa enggak.

Langkah-langkah riset:

Pertama, buka link Vendor Spotlight.

Pada halaman Vendor Spotlight, perhatikan apakah produk ini punya link yang mengarah ke Affiliate Page atau tidak. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah, produk ini ternyata punya.

Sekarang klik link Affiliate Page tersebut.

Link tersebut membawa kita masuk ke halaman berikut:

Yang perlu kita cari pada halaman ini adalah: MAIN KEYWORD

Ya, kita harus tahu keyword apa yang dibidik oleh si pembuat produk. Biar nantinya kita juga bisa membidik keyword yang sama, atau malah keyword turunannya (kalau ternyata keryword utama persaingannya berat)

Setelah saya ubek-ubek selama lima menit, akhirnya ketemu di halaman ini:

Perlu dicatat, setiap vendor memiliki karakteristik web yang berbeda-beda. Yang perlu kita cari adalah keyword utama. Kalau web itu tidak menyediakan, kita bisa langsung kontak vendor tersebut, atau memakai "jurus kira-kira."
Sekarang kita coba klik PPC Strategies.
AHAAAAAAAAA! Harta karun ditemukan!

Kita bisa lihat, keyword yang dibidik produk ini adalah:

  • chicken coops
  • chicken coop designs
  • chicken coop plans

Saya coba lakukan pemantauan singkat di hasil pencarian Google untuk ketiga keyword tersebut. Hasilnya adalah ini:
  • chicken coops: 165,000 results
  • chicken coop designs: 972,000 results
  • chicken coop plans: 1,330,000 results

Dari tingkat persaingan, jelas keyword “chicken coops” jauh lebih rendah daripada kedua keyword lain. Yang jelas, saya tidak akan terlalu mengoptimasi keyword ketiga. Saya tidak memiliki patokan pasti, berapa hasil pencarian maksimal untuk sebuah keyword bisa masuk kategori "layak garap." Biasanya saya cuma pakai feeling. Dan sialnya, feeling saya sering salah.
Perhatikan 5-10 situs yang muncul di hasil pencarian pada halaman pertama. Ada beberapa web authority, ada wikipedia, dan ada pinterest. Ini cukup bervariasi, dan cukup merepotkan. Terutama kalau ada web authority-nya. Tapi, apalah arti hidup ini tanpa persaingan, betul?

Buat saya, dengan hasil pencarian sekecil itu, rasanya masih cukup masuk akal. Setidaknya, walaupun nggak masuk urutan pertama, blog yang nanti saya bangun harus terindex dengan manis di Google Search. Apalagi produk ini kan jualan desain. Jualan gambar. Mudah-mudahan pilihan saya tidak salah.

Baik, sekarang kita sudah mendapatkan keyword utama dengan hasil pencarian sedikit, dan tingkat persaingan cukup rendah.

Tapi belum boleh senang dulu. Main keyword dengan tingkat persaingan rendah bakal sia-sia kalau ternyata nggak ada yang search kata kunci itu.

Langkah berikutnya, riset dengan KeywordRevealer.com.

Buat yang belum daftar, silakan daftar. Ini tool GRATIS.

Setelah daftar, masuk ke halaman Keyword Tool di link: www.keywordrevealer.com/keyword_tool.php

Jeblosin keyword utama kita: “chicken coops”
Eng ing eng…
Ada 40.500 pencarian setiap bulan. Artinya, 1350 pencarian setiap hari. Udah kebayang dong, berapa potensi traffic yang bisa kita peroleh kalau nempatin posisi pertama di hasil pencarian?

CPC-nya $0.82, dengan potensi pendapatan per bulan dari iklan sekitar $332. Ini gak perlu dipedulikan. Toh kita gak akan pasang Adsense. Yang kita pedulikan adalah sales, sales, dan sales dari Clickbank

Lanjutkan membaca artikel Cara Sederhana Main Clickbank (Dari Pemula untuk Pemula) - Part 2
Previous Post
Next Post
Related Posts